Kunjungan Raja Salman, Jokowi: Semoga Pertemuan Ini Berkah

Kunjungan Raja Salman, Jokowi: Semoga Pertemuan Ini Berkah

Kunjungan diplomatik Raja Saudi Arabia Salman bin Abdul Aziz Al-Saud ke Indonesia yang menarik perhatian semua kalangan. Kunjungan Raja Saudi pertama di era Presiden Joko Widodo setelah 47 tahun silam yang dilakukan oleh Raja Faisal pada 1970 ini memunculkan harapan tersendiri bagi Jokowi.

Harapan tersebut diungkapkan Jokowi saat mendampingi Raja Salman menuju Istana Bogor setibanya di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, Rabu (1/3).

Dalam perjalanan menuju persinggahan Presiden selain di Jakarta itu, kedua pemimpin negara dan rombongan diguyur hujan lebat setiba di Bogor. Sejumlah pengawal terlihat merapatkan payung warna hitam untuk Raja Salman dan Presiden Jokowi.

“Hujan lebat menyambut Raja Salman bin Abdulaziz di Istana Bogor. Setiap tetes hujan adalah berkah dari Allah SWT. Semoga pertemuan ini menjadi berkah bagi Indonesia dan Arab Saudi,” ujar Jokowi, Rabu.

Pernyataan ini Jokowi tulis di Fanpage pribadinya. Meskipun beberapa payung berusaha menaungi keduanya, Raja Salman dan Presiden Jokowi terlihat sedikit basah oleh percikan air hujan.


Usai tiba di bibir atap Istana Bogor, keduanya sejenak merapikan baju masing-masing yang terkena air hujan. Kemudian mereka menyapa seluruh awak media yang memang sudah menanti kedatangan dua pemimpin negara yang sebelumnya telah bertemu pada 2015 lalu itu.

Keduanya menuju ruang makan lalu bersantap siang. Kemudian, Raja Salman dan Jokowi yang didampingi sejumlah menteri negara masing-masing menuju ruangan utama Istana Bogor untuk meneken beberapa nota kesepahaman (MoU) atau kerja sama di beberapa bidang strategis seperti perekonomian, pertahanan, pendidikan, kelautan, dan lain-lain.

MoU yang terdiri dari beberapa klausul kerja sama itu langsung ditandatangani oleh menteri-menteri terkait dari kedua negara. Raja Salman dan Jokowi hanya menyaksikan secara seksama proses penandatanganan MoU tersebut.

Sumber: dari sini

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama